Lihat Gambar |
-Posisi rotor sisi b awal merupakan proses langkah kompresi, pada langkah ini campuran udara dan bahan bakar dikompresikan, posisi rotor sisi b akhir merupakan proses langkah usaha, pada langkah ini busi membakar campuran udara dan bahan bakar, tekanan tinggi hasil dari pembakaran menghasilkan ledakan dan menimbulkan tenaga untuk menggerakkan rotor.
-Posisi rotor sisi c merupakan proses langkah pembuangan, pada langkah ini tekanan tinggi hasil pembakaran keluar melalui exhaust port menuju knlapot.
Kalau kalian ingin pakai mesin ini kalian harus jadi anak Poltak Raja Minyak, karena boros bahan bakar, namun mesin ini sangat cepat/kencang.
Jika kita teliti lebih lagi, mesin wankel akan menghasilkan 3 langkah tenaga dalam satu kali putaran penuh pada mesin, maka 6 kali lebih cepat menghasilkan tenaga dibandingkan motor bakar 4 langkah pada satu kali putaran penuh mesin dan 3 kali lebih cepat menghasilkan tenaga dibandingkan motor bakar 2 langkah pada satu kali putaran penuh mesin.
Ukuran dan bentuk dari rotor serta ruang bakar dapat mempengaruhi tenaga yang dihasilkan. Untuk pemanfaatan tenaga yang besar sekaligus mesin halus (minim getaran), maka dikembangkan mesin wankel dengan dua rotor, yang dipasang berbanding tegak lurus dengan rotor kedua.
Biasanya sisi-sisi dari rotor diberi cekungan kedalam yang berfungsi sebagai ruang bakar tambahan. Ujung-ujung dari rotor terdapat seal yang berfungsi sebagai perapat antara rotor dengan rumah rotor pada saat kompresi, agar tidak terjadi kebocoran kompresi. Pendinginan pada mesin wankel menggunakan air pendingin sedangkan untuk rotornya menggunakan pendinginan oli.
Di pake ke kantor cocok gak? hehehehe
ReplyDeletePake ke hati kmu jg cocok =D
Deletecie....
Deleteapa kah msi ada mesin itu di pke di indonesia
ReplyDeleteAda tapi jarang.
Deleteternyata mesin seperti itu masih ada ,,, tapi kurang tau kalo di indonesia.. kayanya di indonesia kayanya masih ada
Deletetpi kelemahan dari engine rotary/ mesin wankel yaitu dalma bahan bakar engine rotary dalam pembakaran boros ,,, beda dengan yang lainnya
ternyata mesin seperti itu masih ada ,,, tapi kurang tau kalo di indonesia.. kayanya di indonesia kayanya masih ada
Deletetpi kelemahan dari engine rotary/ mesin wankel yaitu dalma bahan bakar engine rotary dalam pembakaran boros ,,, beda dengan yang lainnya
ijin share mas brow,..
ReplyDeleteok ,skarang saya paham cara kerja motor rotor/wankel
ReplyDeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeleteThis comment has been removed by a blog administrator.
ReplyDeleteThis comment has been removed by a blog administrator.
ReplyDeleteMumett ndan.
ReplyDelete