Berikut ini penjelasan singkat cara kerja sistem kemudi rack and pinion;
Pada waktu roda kemudi diputar, pinion pun ikut berputar. Gerakan ini akan menggerakkan rack dari samping ke samping dan dilanjutkan melalui tie rod ke lengan nakel pada roda-roda depan sehingga satu roda depan didorong, sedangkan satu roda tertarik, hal ini menyebabkan roda-roda berputar pada arah yang sama.
Sistem kemudi tipe rack dan pinion
Kemudi jenis rack and pinion jauh lebih efisien bagi pengemudi untuk mengendalikan roda-roda depan. Pinion yang dihubungkan dengan poros utama kemudi melalui poros intermediate, berkaitan denngan rack.
Keuntungan :
- Konstruksi ringan dan sederhana
- Persinggungan antara gigi pinion dan rack secara langsung
- Pemindahan momen relatif lebih baik, sehingga lebih ringan
Kerugian :
- Bentuk roda gigi kecil, hanya cocok digunakan pada mobil penumpang ukuran kecil atau sedang
- Lebih cepat aus
- Bentuk gigi rack lurus, dapat menyebabkan cepatnya keausan
Wah, info nya sangat bermanfaat sekali. Kebetulan nih saya lagi belajar teori kejuruan otomotif untuk persiapan ujian nasional. Dan artikel ini sangat membantu sekali.
ReplyDeletewww.gantekno.com
thanks infonya pak. padat singkat jelas.
ReplyDeletesetauku nama nya 'tie-road' bos ... thanxs
ReplyDeleteWah ini artikelnya sangat sangat membantu saya dalam mengerjakan tugas saya, makasih pak sudah membuat artikel ini
ReplyDelete